Senin, 02 Mei 2011

UNSUR - UNSUR KOMUNIKASI

1. Source/pengirim/encoder/sender/komunikator

Merupakan pemrakarsa terjadinya proses komunikasi. Sumber dapat berasal dari individu, kelompok maupun organisasi. Sumber pengirim pesan dapat dikatakan sebagai pusat stimulator. Dalam konteks hubungan timbal balik, sumber yang mengirim sebuah pesan itu akan berganti menjadi penerima pesan.

2. Message/pesan/content atau information

Pesan merupakan produk utama dari komunikasi. Pesan berupa lambang-lambang yang menjalankan ide/gagasan, sikap, perasaan, praktik atau tindakan. Pesan ini dapat berbentuk kata – kata tertulis, lisan, gambar – gambar, angka-angka dll. Pesan merupakan segala sesuatu yang akan disampaikan dari pengirim ke penerima pesan. Pesan disampaikan dalam bentuk verbal dan nonverbal.

3. Channel/media

Merupakan sarana yang digunakan oleh komunikator untuk memindahkan pesan dari pihak satu ke pihak lainnya. Untuk memaksimalkan suatu pesan agar diterima komunikan dengan sempurna, maka seorang komunukator harus memilih media sebagai sarana untuk menyampaikan pesan. Dalam komunikasi masa, media atau alat yang digunakan harus bersifat terbuka agar setiap orang dapat melihat, mendengar, dan membaca bersama – sama. Oleh karena itu media yang cocok adalah media cetak dan media elektronika. Selain itu menurut Cangara, H (2004)kegiatan ditempat – tempat tertentu yang banyak ditemui dalam masyarakat pedesaan dapat juga disebut media, a.l rumah-rumah ibadat, balai desa, arisan dll.

4. Receiver/penerima/decoder/audience/komunikan.

Merupakan obyek sasaran pesan yang dikirim oleh pengirim pesan. Dalam proses komunikasi keberadaan penerima pesan tergantung adanya sumber berita, mungkin tidak ada penerima pesan jika tidak ada sumber berita, kecuali dikeperawatan jiwa saja yang memiliki penerima pesan tetapi tidak ada sumber. Untuk mencapai keberhasilan dalam komunikasi, sebaiknya sumber berita harus mengenali penerima. Hal – hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

- Karakteristik.

- Budaya.

- Tehnik/cara penyampaian.

- Waktu.

- Lingkungan fisik dan psikologis.

- Tingkat kebutuhan.

5. Efek/pengaruh

Efek merupakan perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan penerima pesan sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh bisa diartikan sebagai hal yang diinginkan oleh sumber pembawa pesan, yaitu suatu perubahan sikap dan tingkah laku menjadi lebih baik setelah menerima pesan, karena perubahan sikap dan tingkah laku tersebut adalah sasaran atau tujuan akhir

6. Umpan balik/feedback

Umpan balik memainkan peran yang yang amat penting dalam komunikasi sebab ini memnentukan berlanjutnya komunikasi atau berhentinya komunikasi yang dilancarkan komunikator. Umpan balik bisa besifat positif maupun negative. Umpan balik positif adalah respon atau reaksi komunikan yang menyenangkan komunikator sehingga komunikasi berjalan lancer. Sebaliknya umpan balik negative adalah tanggapan komunikan yang tidak menyenangkan komunikatornya sehingga komunikator enggan melanjutkan komunikasi. Feedback ada dua macam yaitu internal dan eksternal. Umpan balik eksternal diperoleh dari pihak lain, sedangkan komunikasi internal berasal dari dalam diri komunikator sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar